Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, dan Biaro
 

Seputar Sitaro

Mulalinda - Karel Resmi Dilantik sebagai Pejabat PPNS


Admin Web | Selasa, 18 April 2017 - 16:15:58 WIB | dibaca: 382 pembaca

ONDONG - Dua pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro yaitu Gandhawari Mulalinda SIP, MSi dan Fernando Karel ST secara resmi dilantik sebagai Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) setelah dilantik oleh Direktur Pidana Kementerian Hukum dan HAM, Salahuddin SH di Jakarta, Selasa (18/04).

 

Mulalinda yang saat ini menempati jabatan sebagai Keabid Komunikasi dan Informasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Fernando Karel sebagai Lurah Paniki mendapat jabatan fungsional sebagai Pejabat PPNS setelah keduanya bersama 49 p3serta lainnya menyelesaikan Pendidikan Penyidik pada Pusat Pendidikan dan Latihan Reserse Kriminal (PUsdiklat Reskrim) Kepolisian Negara RI, tahun 2016 lalu.

 

Dalam sambutan mewakili Menteri Hukum dan HAM Dr Yassona Laoli, Salahuddin menjelaskan, pelantikan 51 Pejabat PPNS ini dilakukan dalam kepentingan pemenuhan SDM penegak hukum di bidang pidana khusus, yang akan melaksanakanfungsi dan tugas penyidik bagi PNS atas pelanggaran perundang-undangan tertentu.

 

"Pejabat PPNS sebagai penegak hukum dituntut untuk semakin profesional seiring semakin meningkatnya kompleksitas permasalahan hukum oleh karena kemajuan zaman. Penyidik tidak boleh kalah dengan modus-modus canggih pelanggaran dan kejahatan," tandanya.

 

Dalam rangka upaya meningkatkan perlindungan, profesionalisme danpengembangan karir Pejabat PPNS, lanjut Salahuddin, saat ini Kementerian Hukum dan HAM sedang menyiapkan regulasi pembinaan PPNS yang antara lainakan mengatur tentang kelembagaan PPNS, pengembangan serta jiwa korps.

 

Seusai pelantikan, Mulalinda menyatakan siap mengemban amanah dan tanggung jawab, melaksanakan fungsi dan tugas sebagai penyidik sesuai lingkup wilayah provinsi sebagaimana diatur dalam perundang-undangan. (kip)