Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, dan Biaro
 

Seputar Sitaro

Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Fasilitasi Pembentukan & Pembinaan KIM Pengelola JID Kampung Bawoleu

Admin Web | Rabu, 29 Maret 2017 - 09:00:22 WIB | dibaca: 72 pembaca

SITARO, Kominfo- Upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro untuk meningkatkan peran masyarakat dalam diseminasi (penyebarluasan) informasi seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat, antara laindiwujudkan dengan memfasilitasi pembentukan wadah komunikasi sosial/masyarakatyaitu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kampung Bawoleu KecmatanTagulandang Utara. Kegiatan pembentukan KIM yang sekaligus dengan penyerahan pengoperasian bantuan fasilitas sarana komunikasi Jaringan Informasi Desa (JID) dilaksanakan pada Kamis, 23 Maret 2017.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepla Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Kepl. SITARO, Drs. HansKalangit, M.Si. juga dirangkaikan dengan kegiatan pembinaan dan pelatihan teknis pemanfaatan Fasilitas Jaringan Informasi Desa yang merupakan bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi selesai dibangun pada Desember 2015, sebagai bagian dari perhatian Pemerintah dalam mengatasi keterisolasian desa dari akses informasi, mengingat Kampung Bawoleu merupakan salah satu wilayah perdesaan diantara hampir 80 % wilayah desa diKabupaten Kepl. SITARO yang belum terjangkau dengan akses jaringan telekomunikasi kabel dan seluler.

Dengan keberadaan KIM yang ternbentuk dan difasilitasi dengan sarana Radio KomunikasiTerpadu menggunakan Handy Talkie (HT) dalam saluran frekuensi VHF, UHF dan GSM diharapkan dapat meningkatkan jangkauan akses komunkasi dan informasi masyarakat, sekaligus wadah KIM ini harapkan dapat berfungsi sebagai : 1) wahana informasi antar-anggota KIM, dariKIM kepada pemerintah dan dari pemerintah kepada masyarakat. 2) mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan public; 3) Sarana peningkatan literasi anggota KIM dan masyarakat di bidang informasi dan media massa; dan 4) Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi. 

Dalam kesempatan kegiatan pembinaan  dan pengembangan KIM pengelola Jaringan Informasi Desa (JID) Kampung Bawoleu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Gandawari L. Mulalinda, S.IP., M.Si. yang juga menjadi Narasumber padakegiatan tersebut antara lain mengatakan ".. wadah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang dibentuk merupakan konsep lembaga komunikasi sosial yang menjadi alternative solusi dalam mengatasi hambatan informasi di lingkungan masyarakat terutama masyarakat pedesaan, dimana kelompok yang dibentuk oleh, dari, untuk masyarakat secara mandiri dankreatif, diharapkan dapat beraktivitas melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah". 

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pengelola Jaringan InformasiDesa (JID) Kampung Bawoleu merupakan wadah lembaga komunikasi sosial yang pertama difasilitasi pembentukannya oleh Dinas Komunkasi Informasi dan Komunkasi sejak salah SKPD Pemkab. SITARO yang mejalankan urusan kewenangan pemerintahan bidang komunikasi dan informatika dibentuk dan efektif menjalankan fungsi mulai bulan Januari 2017. Kegiatan fasiltasi pembentukan, pembinaan dan pengembangan lembaga komunikasi sosial dalam bentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) akan menjadi salah satu program kegiatan yang prioritasdilakukan setiap tahunnya hingga seluruh Desa/Kelurahan di Kab. Kepl. SITARO memilik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sehingga dapat terwujud visi nasional menjadikan "masyarakat informasi indonesia" dapat dimualidengan mewujudkan "Kampung/Kelurahan Informasi" di seluruh wilayahKab. Kepl. SITARO. 

Adapun susunan pengurus dan keanggotaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kampung Bawoleu yang ditetapkan sebagai Pengelola Jaringan KomunkasiDesa, yaitu terdiri dari : Penasehat  : 1. Kapitalau Bawolleu, 2. Ketua MTKBawoleu; Ketua : Jellyston Maniking; Sekretaris : Sweine Wukala;;Bendahara : Maya Lanto; selanjutnya;Seksi-seksi,tdd : 1. Seksi Organisasi dan PeningkatanSDM : Sonny J. Makanoneng; 2. Seksi Pengelolaan dan Akses Informasi : Jafet Tatontos; 3. Pelayanan dan Desiminasi Informasi : Elmin P.Thomas; 4. Pengembangan Usaha : Maxmilian R. Kulas; kemudian, Teknisi/Operator : 1. Pendrik Ruminggu, 2. Jesim Sasako; serta Anggota, yaitu :1. Reifol Lampeang, 2. Marcell Makanoneng, 3. Berstam Makanoneng, 4. JuberSasako; 5. Ridel Lohonauman; 6. Meita Lampeang; 7. SifritMakanoneng; 8. S. M. Togelang, 9. Veronika Puasa, 10. Marce Dure.
Sumber : (Admin-Pnjwb-Kabid Infokom Publik).